Minggu, 19 April 2015

Pengertian Blog




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Blog dan Kelahiran Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi lembaga, sampai media promosi dan bisnis. Itu semua berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial) dimana konten yang di buat oleh pengguna menjadi bagian integral dari dunia online. Saat ini, pengguna website memberikan komunikasi dua arah dan mulai saat itu log web ini (atau blog) lahir.Blog paling awal di mulai pada akhir 1990-an yang hanya digunakan sebagai buku harian online. Seseorang hanya memposting informasi tentang kehidupan dan pendapat mereka setiap harinya. Posting-posting harian tersebut terdaftar secara terbalik menurut urutan tanggal, sehingga pembaca melihat posting terbaru tampil pertama dan di ikuti oleh postingan sebelumnya. Format ini memberikan gambaran terbaru yang berlangsung dari sang pemilik blog ( blogger).
Seiring perkembangan blog, fitur interaktif kemudian di tambahkan untuk membuat percakapan dua arah antara pemilik dan pembaca blog. Pembaca mengambil keuntungan dari fitur yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan komentar pada posting blog atau link ke postingan di blog sehingga terjalin komunikasi dua arah.
B.     PENGERTIAN BLOG
1.      Pengertian blog secara umum
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet.
Secara bahasa (Inggris), web artinya jaringan; log artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.

Dari berbagai definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata "tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)", meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan: A blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.
Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger: ‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas updatenya disebut blogging dan seseorang yang "ngeblog" disebut blogger. Blog adalah situs pribadi, berbeda dengan website yang setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll. Blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yang lugu teknologi menjadi otomastis dapat memposting apa yang kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman.
Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yang tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dengan memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.
Blog Hari ini
Saat ini internet telah berkembang menjadi media sosial yang banyak sekali penggunanya, begitu pula blog yang telah menjadi sangat populer. Blog telah berkembang tidak hanya menjadi buku harian online, tetapi aktifitas blogging telah menjadi bagian penting dari dunia online maupun offline sehinggs tidak jarang seorang blogger menjadi sangat popular dan dapat mempengaruhi dunia politik, bisnis dan masyarakat dengan kata –kata yang mereka buet melalui postingan.
Blog Masa Depan
Tampaknya tak akan terelakkan lagi bahwa aktivitas blogging akan menjadi lebih berkembang di masa mendatang dengan lebih banyak orang terlibat didalamnya. Dengan kemampuannya yang dapat mempengaruhi pembaca, blog akan menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan bisnis di masa yang akan datang.
Siapapun dapat dengan mudah membuat blog dengan menggunakan alat atau tools yang sangat mudah bahkan gratis yang tersedia secara online. Pertanyaanya tidak lagi “untuk apa saya membuat blog?” melainkan, “mengapa saya tidak membuat blog?”.
2.      Pengertian Blog Menurut Para Ahli
a)     Menurut Harvard University: weblog adalah hierarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML.
b)   Menurut Wikipedia: sebuah blog situs yang itemnya diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur.
c)      Menurut Marketingtems Dictionary: blog adalah sebuah publikasi kronologis yang menyebarkan mengenai pikiran seseorang dan dalam bentuk link web.
d)     Menurut Matisse.net: blog adalah sebuah jurnal yang tersedia di web.

C.    Pengertian Blog, Blogger, Blogging, Blogspot dan Splogs:
a)      Definisi atau Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik biasanya isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang sedang dicari oleh pengunjung atau visitor dari search engine.
b)     Definisi atau Pengertian Blogger
Pengertian Blogger : Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
Etika Blogger :
1)      Memiliki tujuan yang baik.
2)      Membuat artikel/postingan yang asli, bukan hasil copy paste (plagiat) atau kegiatan lain yang melanggar hak cipta (tanpa ijin pemilik)
3)      Tidak membuat postingan yang merugikan orang lain, mengganggu, menipu (spam), mengandung kekerasan, isu sara, dan hal negatif lainnya.
Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.
c)      Definisi atau Pengertian Blogging
Blogging adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijadikan sebuah artikel atau postingan. Seberapa besar kemampuan kita dalam berkomunikasi akan sangat menentukan kesuksesan dan kepopularitasan dalam sebuah blogging. Biasanya para blogger pemula melakukan aktifitas blogging dengan mengisi sebuah buku tamu, mereka menyimpan atau menempelkan sebuah link blog mereka masing-masing dan mengharapkan sebuah kunjungan ke blog mereka, atau dengan cara berkomentar untuk medapatkan sebuah komentar balik disalah satu artikelnya. Cara ini memang sangat efektif dan relevan untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula yang belum memiliki kepopularitasan masing-masing.
d)     Definisi atau Pengertian Blogspot
Blogspot merupakan sebuah layanan gratis untuk membuat suatu blog yang merupakan salah satu produk dari Google. Dengan menggunakan sebuah blogspot Anda dapat membuat sebuah blog untuk menuliskan atau menuangkan sebuah ide Anda untuk menjadikan blog Anda lebih populer, selain itu Anda dapat mendapatkan uang dari hasil blog Anda. Jadi mari kita manfaatkan layanan gratis dari Google untuk mencari uang maupun berekspresi di dunia internet. 
e)      Splogs :
Splogs adalah singkatan dari spam blog, splogs umumnya berisi informasi spam yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan bersifat merugikan seseorang maupun pihak lain.
    D.    Ciri-ciri Blog:
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum:
  1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
E.     Tujuan Blog Secara Umum
1.      Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang laiN
2.      Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
3.      Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
4.      Berkarya atau aktualisasi diri
5.      Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
6.      Berbagi pengalaman berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat

Tujuan blog juga dipengaruhi oleh jenis blog tersebut. misal :
1.Tujuan Blog Pribadi : bertujuan untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi, dan sebagainya
2.      Tujuan Blog Kesehatan : bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini
3.      Tujuan Blog bisnis : bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuah perusahaan Informasi.
F.     CARA MEMBUAT BLOG
Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yang paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yang sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yang dua ini masih banyak penyedia blog gratis yang bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.
Membuat blog cukup mudah sebenarnya. Boleh sambil buat sambil belajar. Banyak sumber sumber yang kita boleh perolehi untuk mempelajari blog. Untuk mencipta blog anda mestilah mempunyai akaun dengan blogger di www.blogger.com.
G.    LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG
1. Klik pada sign up jika belum ada akaun gmail
2. Isikan butir butir dalam form  yang disediakan  dan klik pada next step 
3. Anda akan dibawa ke langkah kedua yaitu create your profile dan klik ke next step 
4.      Langkah ke 3..you all set anda Berjaya membuat akaun blogger. klik back to blogger untuk confirm profile anda.
5. Klik back to blogger 
6. Anda dibawa ke dashboard blogger..klik pada new blog

7. Masukkan tajuk blog dan alamat blog anda dan pilih template yang dikehendakki.Kemudian  klik create blog
8. Anda dibawa kembali ke dashboard…klik pada start posting
9. Masukkan tajuk artikel pada title …taipkan artikel pada ruangan yang disediakan dan klik publish untuk memaparkan posting anda.

Nota:Bagi anda yang sudah mempunyai akaun gmail,anda boleh sign ke blogger dan anda bermula dengan langkah yang keenam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar